Apa Itu Cloud Computing?

1:36 PM Bahrul Ulum 1 Comments

Cloud computing adalah sebuah ungkapan yang memiliki arti perkata Cloud (Awan) dalam hal ini yang dimaksud adalah Internet, Computing (Komputasi). Dan untuk pengertian yang sebenarnya dari cloud computing adalah gabungan dari kedua kata tersebut, yaitu proses komputerisasi yang terjadi di dalam internet. Selama ini kita selalu mengetahui bahwa untuk menjalankan sebuah aplikasi, melakukan proses komputerisasi, dan menyimpan data harus melalui sebuah koneksi langsung kepada suatu server fisik, namun konsep dari Cloud Computing ini telah mengubah kebiasaan dan pengertian yang sudah selama ini kita jalankan.

Sebagaimana awan dalam diagram jaringan komputer tersebut, awan (cloud) dalam Cloud Computing juga merupakan abstraksi dari infrastruktur kompleks yang disembunyikannya. Ia adalah suatu metoda komputasi di mana kapabilitas terkait teknologi informasi disajikan sebagai suatu layanan (as a service), sehingga pengguna dapat mengaksesnya lewat Internet (“di dalam awan”) tanpa mengetahui apa yang ada didalamnya, ahli dengannya, memiliki perangkat fisiknya, atau memiliki kendali terhadap infrastruktur teknologi yang membantunya.

Ada 3 karakteristik pembeda yang utama antara sistem Cloud Computing dan hosting tradisional:

1. Pay per use: Anda hanya membayar servis atau kapasitas yang anda gunakan. Dengan sistem ini, anda tidak perlu lagi khawatir bahwa anda harus membayar lebih dari yang anda gunakan. Cloud Computing menawarkan efisiensi yang tidak dimiliki oleh hosting traditisonal. Biasanya tarif yang dikenakan itu dihitung per menit atau per jam, tergantung kepada pihak penyedia layanan Cloud Computing.

2. Elastic: Kalau di poin pertama kami berbicara mengenai efisiensi dari biaya, kali ini kita bicara mengenai efisiensi dan kemudahan dalam penggunaan. Dengan sistem Cloud Computing, pengguna dapat dengan mudah menyesuaikan kapasitas layanan yang dikehendaki dan dibutuhkan untuk dapat mencukupi kebutuhan pengguna kapanpun, dimanapun, secara mudah dan instan.

3. Fully Managed Service: Dengan sistem Cloud Computing, efisiensi juga dapat terlihat dan dirasakan dalam sisi pengerjaan dan pemeliharaan. Karena Cloud Computing tidak membutuhkan pengguna memiliki server dan perangkat sendiri untuk mengurus data, aplikasi, dan kebutuhan, ini akan mempermudah pengguna Cloud Computing karena pemeliharaan dan layanan yang dibutuhkan akan menjadu tanggung jawab dari pihak penyedia layanan Cloud Computing.

1 comment: