Jenis-jenis Layanan Cloud Computing

3:22 PM Mas Ulum 1 Comments


Anda pasti sudah tahu layanan-layanan seperti Shared Hosting, VPS dan Dedicated. Sama seperti hosting-hosting tersebut, Cloud computing juga memiliki layanan yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan dari pengguna.

Ada yang hanya untuk menyimpan data da nada juga yang digunakan untuk hal lain. Untuk lebih mengetahui, ada tiga layanan yang paling sering digunakan. Berikut adalah layanan-layan yang digunakan oleh penyedia cloud computing.

1.    Infrastructure as a Service (IaaS)

Ini adalah sebuah layanan yang “menyewakan” sumberdaya teknologi informasi dasar, yang meliputi media penyimpanan, processing power, memory, sistem operasi, kapasitas jaringan dan lain-lain, yang dapat digunakan oleh penyewa untuk menjalankan aplikasi yang dimilikinya. Model bisnisnya mirip dengan penyedia data center yang menyewakan ruangan untuk co-location, tapi ini lebih ke level mikronya. Dan, bagi pengguna layanan ini juga tidak perlu tahu bagaimana dan mesin apa yang digunakan oleh penyedia.

2.    Platform as a Service (PaaS)

Untuk layanan ini, penyedia memberikan layanan yang menyediakan modul-modul siap pakai yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi yang dapat dioperasikan dalam platform tersebut. Pengguna PaaS tidak memiliki kendali terhadap sumber daya komputasi dasar seperti memory, media penyimpanan, processing power dan lain-lain, yang semuanya diatur oleh provider layanan ini.

3.    Software as a Service (SaaS)

Layanan ini merupakan layanan Cloud Computing yang paling dahulu populer. Software as a Service ini merupakan evolusi lebih lanjut dari konsep ASP (Application Service Provider). Sesuai namanya, SaaS memberikan kemudahan bagi pengguna untuk bisa memanfaatkan sumberdaya perangkat lunak dengan cara berlangganan. Sehingga tidak perlu mengeluarkan investasi baik untuk in house development ataupun pembelian lisensi. Dengan cara berlangganan via web, pengguna dapat langsung menggunakan berbagai fitur yang disediakan oleh penyedia layanan.

1 comment: